RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK DHARMA WIDYA
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI MM dan XI AK /
SATU
Materi
Pembelajaran : perbuatan baik
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (1 pertemuan 3 JAM)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1.
Menghayati puja dan
doa dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1.1 Menerima puja dan doa dalam kehidupan praktik di
kehidupan sehari-hari
1.1.2 Menghayati puja dan doa dalam praktik dikehidupan sehari-hari
|
2.
|
2.1
Mengembangkan Ucapan, Perbuatan dan Penghidupan Benar
sebagai praktik Jalan Mulia Berunsur
Delapan
|
2.1.1 Memiliki ucapan, perbuatan, dan penghidupan benar
dalam praktik dikehidupan sehari-hari
2.1.2 Menghargai ucapan, perbuatan, dan
penghidupan benar sebagai praktik jalan mulia berunsur delapan.
|
3.
|
3.2 Mendeskripsikan prinsip-prinsip
normatif serta kriteria baik dan buruk dari suatu perbuatan
|
3.2.1. Mengidentifikasi
perbuatan baik dan buruk .
3.2.2. Menjelaskan dasar
perbuatan baik.
3.2.3.
Mengklasifikasikan dasar perbuatan baik.
3.2.4 Menjelaskan manfaat
melaksanakan perbuatan benar.
|
4.
|
4.2. Menalar kriteria baik-buruk suatu perbuatan
|
4.2.1. Menjelaskan pentingnya berbuat baik.
4.2.2.
Membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk.
4.2.3.
Mempraktikkan
perbuatan baik dalam kehidupan.
4.2.4.
Memahami
adanya perbedaan dalam kehidupan.
|
Kompetensi Sikap
Spritual dan Sosial
Pertemuan Pertama
sampai Keempat
1.1.1 Menerima puja dan doa dalam kehidupan praktik di
kehidupan sehari-hari
1.1.2 Menghayati puja dan doa dalam praktik dikehidupan sehari-hari
2.1.1 Memiliki ucapan, perbuatan, dan penghidupan benar
dalam praktik dikehidupan sehari-hari
2.1.2 Menghargai ucapan, perbuatan, dan penghidupan benar
sebagai praktik jalan mulia berunsur delapan.
Pertemuan
Pertama
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran
peserta didik dapat:
3.2.1. Mengidentifikasi perbuatan baik dan buruk.
3.2.2. Menjelaskan dasar perbuatan baik
Pertemuan
Kedua
3.2.3.
Mengklasifikasikan dasar perbuatan baik.
3.2.4 Menjelaskan manfaat
melaksanakan perbuatan benar.
Pertemuan
Ketiga
4.2.1. Menjelaskan pentingnya
berbuat baik.
4.2.2. Membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk.
Pertemuan
Keempat
4.2.3. Mempraktikkan perbuatan
baik dalam kehidupan.
4.2.4.
Memahami
adanya perbedaan dalam kehidupan.
D. Deskripsi Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3 JP)
a.
Pengertian perbuatan baik
b.
Dasar perbuatan baik
c.
Video tentang seseorang berbuat baik
Pertemuan Kedua (3 JP)
a.
Dasa punna kiriya vathu
b.
Mengklasikan dasar perbuatan baik
c.
Menfaat perbuatan baik
Pertemuan Ketiga (3 JP)
- Pentingnya berbuat baik
- Membedakan perbuatan baik dan buruk di kehidupan
sekitar
- Menganalisis kasus tentang “mencuri untuk menolong
orang kesusahan”
Pertemuan Keempat (3 JP)
a. Mempraktekan sikap perbuatan baik di sekolah
b. Menganalisis kasus “dikehidupan nyata tentang berbuat baik”
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Pendahuluan (12
menit )
a) Guru
membuka pembelajaran dengan salam.
b) Guru dan peserta didik berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik.
c) Guru
mengondisikan peserta didik
mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran yang diawali dengan melakukan presensi, memeriksa kerapihan pakaian, posisi,
tempat duduk peserta didik,
alat dan bahan pembelajaran.
d) Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
e)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
f) Guru
menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui pendekatan
saintifik.
2. Kegiatan inti (90 menit) untuk 3 jam pelajaran.
a. Mengamati:
1)
Peserta didik
membuat kelompok sesuai dengan petunjuk guru
2)
Peserta didik
mengamati video tentang akibat berbuat baik
3) Peserta
didik mencatat hal-hal penting dari hasil mengamati.
4) Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan dan
dari diskusi kelompok.
b. Menanya:
1) Peserta
didik merumuskan dan mengajukan pertanyaan tentang apa yang telah diamatinya.
2) Peserta
didik merumuskan jawaban beberapa pertanyaan tentang Buddha merenungkan alasan Buddha
merenungkan Dharma, alasan Buddha enggan mengajarkan Dharma, tujuan Brahma
Sahampati memohon kepada Buddha untuk mengajarkan Dharma.
3) Guru mengondisikan untuk mendorong peserta didik agar
mengemukakan jawaban-jawaban sementara dari
pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan.
c. Mengumpulkan data dan informasi:
1) Peserta
didik mengumpulkan berbagai informasi
yang relevan terkait perbuatan
baik dan buruk dikehidupan sehari-hari
2) Peserta didik mencari data dan informasi dengan
membuat main maping
d. Mengalisis data dan informasi:
1) Peserta
didik mencermati data dan informasi yang mereka
lakukan selama sehari tersebut
e. Mengomunikasikan:
1) Peserta didik menyampaikan hasil analisis dalam
bentuk lisan maupun tulisan kepada guru dan peserta didik yang lain.
2) Guru bersama-sama peserta didik menyepakati
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan berabagai permasalahan yang dikaji.
3. Penutup (18 menit)
a) guru
bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi
untuk mengevaluasi pembelajaran;
b) guru
bersama peserta didik menyimpulkan poin-poin hasil pembelajaran;
c) guru
bersama peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
d) guru
bersama siswa melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas,
baik tugas individual maupun kelompok;
e)
guru menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
f)
guru bersama peserta didik melakukan doa
penutup.
Pertemuan Kedua
1. Pendahuluan (12
menit )
a) Guru membuka pembelajaran dengan salam.
b) Guru dan peserta didik berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik.
c) Guru
mengondisikan peserta didik
mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran yang diawali dengan melakukan presensi, memeriksa kerapihan pakaian, posisi,
tempat duduk peserta didik,
alat dan bahan pembelajaran.
d) Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
e)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
f) Guru
menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui pendekatan
saintifik.
2. Kegiatan inti (90 menit) untuk 3 jam pelajaran
a. Mengamati:
1) Peserta didik mengamati gambar orang sedang berbuat
baik
2) Peserta didik mengamati perbuatan baik yang ada disekitar
3)
Peserta didik mencatat hal-hal penting dari
hasil mengamati.
b. Menanya:
1)
Peserta didik merumuskan dan mengajukan
pertanyaan tentang apa yang telah diamatinya.
4) Peserta didik merumuskan jawaban
beberapa pertanyaan tentang manfaat perbuatan
baik tersebut.
2)
Guru mengondisikan
untuk mendorong peserta didik agar
mengemukakan jawaban-jawaban sementara dari
pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan.
c. Mengumpulkan data dan informasi:
1) Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan terkait manfaat perbuata baik dan klasifikasinya.
2) Peserta didik mencari data dan informasi dengan membuat agenda berbuat baik.
d. Mengalisis data dan informasi:
1) Peserta didik mencermati data dan informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet
serta sumber lainnya untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
tentang manfaat perbuatan baik dan kualifikasinya.
2) Peserta
didik mendiskusikan jawaban yang
dikumpulkan dari peserta didik lain dan mengaitkan nilai-nilai sosial dengan perbuatan baik.
3) Peserta
didik merumuskan beberapa kesimpulan sebagai hasil dari analisis data dan
informasi yang telah dikumpulkan.
e. Mengomunikasikan:
1) Peserta didik menyampaikan hasil analisis dalam
bentuk lisan maupun tulisan kepada guru dan peserta didik yang lain.
2) Guru bersama-sama peserta didik menyepakati
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan berabagai permasalahan yang dikaji.
3. Penutup (18 menit)
g) guru
bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi
untuk mengevaluasi pembelajaran;
h) guru
bersama peserta didik menyimpulkan poin-poin hasil pembelajaran;
i)
guru bersama peserta didik memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
j)
guru bersama siswa melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
k)
guru menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
l)
guru bersama peserta didik melakukan doa
penutup.
Pertemuan Ketiga
1. Pendahuluan (12
menit )
a) Guru
membuka pembelajaran dengan salam.
b) Guru dan peserta didik berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik.
c) Guru
mengondisikan peserta didik
mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran yang diawali dengan melakukan presensi, memeriksa kerapihan pakaian, posisi,
tempat duduk peserta didik,
alat dan bahan pembelajaran.
d) Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
e)
Guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
f) Guru
menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui pendekatan
saintifik.
2. Kegiatan inti (90 menit) untuk 3 jam pelajaran.
a. Mengamati:
1) Peserta didik mengamati dengan cara melihat pentingnya
brbuat baik bagi diri sendiri atau orang lain yang ada disekitar:
2) Peserta didik mengamati dengan cara membaca buku teks tentang perbendaan perbuatan buruk baik dan perbuatan buruk.
3) Peserta didik mencatat hal-hal penting dari hasil
mengamati.
b. Menanya:
1) Peserta didik merumuskan dan mengajukan pertanyaan
tentang apa yang telah diamatinya.
2) Peserta didik merumuskan jawaban
beberapa pertanyaan tentang pentingnya berbuat
baik serta perbendaan perbuatan baik dengan perbuatan buruk.
3) Guru mengondisikan untuk mendorong peserta didik agar
mengemukakan jawaban-jawaban sementara dari
pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan.
c. Mengumpulkan data dan informasi:
1) Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi
yang relevan terkait tentang pentingnya berbuat baik serta perbendaan perbuatan baik
dengan perbuatan buruk.
d. Mengalisis data dan informasi:
1) Peserta didik mencermati data dan informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet
serta sumber lainnya untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
tentang tentang pentingnya berbuat baik serta perbendaan perbuatan baik
dengan perbuatan buruk.
2) Peserta
didik mendiskusikan jawaban yang
dikumpulkan dari peserta didik lain dan mengaitkan nilai-nilai sosial dengan tentang pentingnya berbuat baik serta
perbendaan perbuatan baik dengan perbuatan buruk.
3) Peserta
didik merumuskan beberapa kesimpulan sebagai hasil dari analisis data dan
informasi yang telah dikumpulkan.
e. Mengomunikasikan:
3) Peserta didik menyampaikan hasil analisis dalam
bentuk lisan maupun tulisan kepada guru dan peserta didik yang lain.
4) Guru bersama-sama peserta didik menyepakati
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan berabagai permasalahan yang dikaji.
3. Penutup (18 menit)
a.
guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran;
b.
guru bersama peserta didik menyimpulkan
poin-poin hasil pembelajaran;
c.
guru bersama peserta didik memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.
guru bersama siswa melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
e.
guru menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
f.
guru bersama peserta didik melakukan doa
penutup.
Pertemuan Keempat
1. Pendahuluan (12 menit )
a. Guru
membuka pembelajaran dengan salam.
b. Guru dan peserta didik berdoa bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik.
c. Guru
mengondisikan peserta didik
mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran yang diawali dengan melakukan presensi, memeriksa kerapihan pakaian, posisi,
tempat duduk peserta didik,
alat dan bahan pembelajaran.
d. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
e.
Guru menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
f. Guru
menyampaikan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui pendekatan
saintifik.
2. Kegiatan inti (90 menit) untuk 3 jam pelajaran.
a. Mengamati:
1) Peserta didik memperaktekan perbuatan baik di dalam kelas.
2) Peserta
didik mencatat hal-hal penting dari hasil mengamati.
b. Menanya:
1) Peserta
didik merumuskan dan mengajukan pertanyaan tentang apa yang telah diamatinya.
2)
Peserta didik merumuskan jawaban beberapa pertanyaan
tentang peraktek perbuatan baik yang telah
dilakukan.
3)
Guru mengondisikan
untuk mendorong peserta didik agar
mengemukakan jawaban-jawaban sementara dari
pertanyaan-pertanyaan yang dirumuskan.
`
c. Mengumpulkan data dan informasi:
1) Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi yang relevan terkait di mana saja kita bisa melakukan perbuatan baik.
2) Peserta didik mencari data dan informasi dengan membuat catatan kecil tentang perbedaan
kondisi seseorang berbuat baik dikeadaan sebenarnya.
d. Mengalisis data dan informasi:
1) Peserta didik mencermati data dan informasi yang terdapat dari sumber tertulis dan atau internet serta sumber lainnya
untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang perbedaan kondisi perbuatan baik secara teori dengan dikehidupan.
2) Peserta
didik mendiskusikan jawaban yang dikumpulkan dari peserta didik
lain dan mengaitkan nilai-nilai sosial dengan perbedaan kondisi perbuatan baik secara teori dengan
dikehidupan.
3) Peserta
didik merumuskan beberapa kesimpulan sebagai hasil dari analisis data dan
informasi yang telah dikumpulkan.
e. Mengomunikasikan:
1) Peserta didik menyampaikan hasil analisis dalam
bentuk lisan maupun tulisan kepada guru dan peserta didik yang lain.
2) Guru bersama-sama peserta didik menyepakati
kesimpulan-kesimpulan terkait dengan berabagai permasalahan yang dikaji.
3. Penutup (18 menit)
a)
guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi pembelajaran;
b)
guru bersama peserta didik menyimpulkan
poin-poin hasil pembelajaran;
c)
guru bersama peserta didik memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d)
guru bersama siswa melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
e)
guru menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
f)
guru bersama peserta didik melakukan doa
penutup.
G. Penilaian
(Terlampir)
H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar: orang berdana,
orang marah-marah, contoh-contoh perbuatan baik dan buruk
b. DVD/VCD: akibat berbuat baik.
2. Alat/Bahan:
a. LCD
b. Komputer/Laptop
3. Sumber Belajar:
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2014. Pendidikan
Agama Buddha dan Budi Pekerti Kelas XI,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, halaman: ….
b.
Dhammananda, Sri. 2005. Keyakinan Umat
Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation Yayasan Penerbit Karaniya.
c.
Kusaladhamma, Bhikkhu. 2009. Kronologi
Hidup Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation
d.
Miïgun Sayadaw, Tipitakadhara. 2008. Riwayat
Agung Para Buddha 1. Jakarta: Ehipassiko Foundation & Giri Maïgala
Publications.
e.
Panjika. 2004. Kamum Umum Buddha Dharma.
Jakarta: Trisattva Buddhist Centre.
f.
S. Widyadharma, Pandita. 2004. Riwayat
Hidup Buddha Gotama. Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Nalanda.
Tangerang , 15 Oktober 2014
Mengetahui
Kepala SMK Dharma Widya Guru Mata Pelajaran
Triwidi Pantoro, S.Ag Triyo
Wibowo
NIP. ... NIM. ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar