Senin, 12 Januari 2015

RPP kelas 4 SD mata pelajaran Agama Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Buddha                                                               
Kelas/ Semester                    :  IV / I
Alokasi Waktu                     :  2 x 35 menit
Standar kompetensi             :   1.  Mengungkapkan peristiwa perayaan membajak sawah.
   Kompetensi Dasar                : 1.2  Menjelaskan makna peristiwa membajak sawah.
Indikator                              : 1.2.1   Menyebutkan hal yang dilakukan Pangeran Sidharta saat peristiwa membajak.
1.2.2 Menyebutkan manfaat membajak bagi Kerajaan Kapilavasthu
1.2.3 Menyebutkan manfaat membajak bagi masyarakat
1.2.4  Menceritakan hal berkesan ketika pergi ke sawah
1.2.5    Meditasi dengan memperhatikan nafas
I.    Tujuan Pembelajaran     :  Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menyebutkan hal yang dilakukan Pangeran Sidharta saat peristiwa membajak dengan benar
·         Menyebutkan manfaat membajak bagi Kerajaan Kapilavasthu dengan benar
·         Menyebutkan manfaat membajak bagi masyarakat dengan benar
·         Menceritakan hal berkesan ketika pergi ke sawah dengan baik
·         Melaksanakan meditasi dengan memperhatikan nafas.
II.  Materi Pembelajaran      :  Suatu hari Raja Suddhodana mengajak Pangeran Siddharta yang masih berusia 7 tahun pergi menyaksikan Perayaan Membajak. Perayaan Membajak diikuti oleh keluarga kerajaan dan warga kota. Perayaan membajak dilaksanakan pada awal dimulaianya musim bercocok tanam. Seluruh penduduk merasa gembira ketika Perayaan membajak berlangsung.
Di tengah perayaan, Pangeran Siddharta merasa sedih melihat seekor elang yang menyambar ular serta melihat ayahnya dan para menteri mencambuk kerbau. Beliau mencari tenpat sepi dan bermeditasi di bawah pohon jambu. Ketika bermeditasi, bayangan pohon jambu tetap memayungi tempat meditasi walaupun matahari telah bergeser.
Perayaan membajak memiliki tujuan untuk membangun kedekatan antara keluarga kerajaan dengan rakyat supaya terwujud suatu keharmonisan. Selain itu untuk memberi suri tauladan kepada rakyat bahwa bercocok tanam bukanlah pekerjaan hina tetapi amat mulia. Membajak sangat bermanfaat bagi berlangsungnya proses pertanian. Dengan dibajak, tanah akan menjadi gembur dan dapat ditanami padi.
III. Metode pembelajaran    :  Ceramah, diskusi, pemberian tugas
IV. Langkah-langkah Pembelajaran                                          
A. Kegiatan Awal         :  *    Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
                                       *    Absen siswa.
                                       *    Apersepsi: Apakah para siswa pernah melihat orang membajak?
B. Kegiatan Inti           :    *    Guru menyampaikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                        *    Siswa melihat gambar ”Perayaan Membajak”.
                                        *   Siswa  membacakan cerita ”Perayaan Membajak” secara bergantian.
                                        *   Guru menyampaikamenjelaskan dan menyampaikan inti dari cerita yang
                                             dibacakan siswa
                                        *  Guru bertanya kepada sisiwa tentang hal yang dilakukan Pangeran Sidharta
                                            saat peristiwa membajak.
                                        *  Siswa menyebutkan hal yang dilakukan Pangeran Sidharta saat peristiwa
                                             membajak.
                                        *   Guru bertanya tentang manfaat Perayaan membajak bagi Keluarga Kerajaan
                                             dan masyarakat.        
                                        *    Siswa menyebutkan manfaat Perayaan membajak bagi Keluarga Kerajaan
                                              dan masyarakat.          
                                         *    Siswa bercerita tentang hal yang berkesan ketika pergi ke sawah secara
                                               bergantian
                                         *    Tanya jawab antar siswa tentang hal berkersan ketika pergi ke sawah
                                         *    Siswa mempraktekkan meditasi dengan obyek pernapasan.
   C. Kegiatan Akhir      :  *   Guru menyampaikan kesimpulan
                                        *    Gita Namaskara.     
V.  Alat dan Sumber Bahan
a.  Alat                           : Gambar
   b.  Sumber Belajar          :  Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 4 hal 2,3
Buku Riwayat Hidup Buddha Gotama hal 29-36
VI. Penilaian

RPP SD Kelas 6 Materi Agama Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester                    :  VI / I  
Alokasi Waktu                     : 2 x 35 menit
Standar kompetensi              :             1.         Mengungkapkan cerita pada masa pendidikan Pangeran Siddharta.
Kompetensi Dasar                :  1.1  Menjelaskan masa  pendidikan belajar Pangeran  Siddharta.                                           
Indikator                              : 1.1.1.  Menyebutkan tempat pendidikan Pangeran Siddharta.
                                              1.1.2    Menyebutkan ilmu yang dipelajari Pangeran Siddharta.
                                              1.1.3  Menyebutkan nama guru Pangeran Siddharta pada waktu sekolah.
                                              1.1.4   Menyebutkan sifat-sifat Pangeran Siddharta.
                                              1.1.5 Menunjukan sikap yang baik saat pembelajaran berlangsung
                                              1.1.6   Membuat jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai berangkat sekolah
I.  Tujuan Pembelajaran       : Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menyebutkan tempat pendidikan Pangeran Siddharta dengan benar.
·         Menyebutkan ilmu yang dipelajari Pangeran Siddharta dengan benar.
·         Menyebutkan nama guru Pangeran Siddharta pada waktu bersekolah dengan benar.
·         Menyebutkan  dan menjelaskan kembali sifat-sifat Pangeran Siddharta dengan benar.
·         Membuat jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai berangkat sekolah
·         Menunjukkan sifat yang baik saat pembelajaran berlangsung
II.  Materi Pembelajaran      : 
 Pangeran Siddharta mendapat pendidikan di istana. Guru pangeran siddharta diundang untuk membimbing pangeran Siddharta di istana. Guru pangeran siddharta bernama Vismamitta. Teman-teman Pangeran Siddharta adalah para putra bangsawan. Pangeran Siddhrta mendapat pelajaran tentang bahasa, matematika, ilmu perbintangan, agama, ilmu militer dan bela diri. Pangeran Siddharta merupakan siswa yang mempunyai kelebihan dibanding dengan teman-teman yang lain. Sifat- sifat yang dimiliki oleh pangeran Siddharta adalah Pandai, suka bermeditasi, disiplin, hemat, menghormati orang lain, suka menolong, tidak mudah putus asa dan semangat. Kepandaian dari pangeran Siddharta bahkan melebihi dari gurunya.

III. Metode pembelajaran    :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran     
     A. Kegiatan Awal         : *    Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.                                               
                                      *    Apersepsi: Apakah para siswa sudah pernah membaca atau mendengar
                                         cerita masa kecil dan pendidikan Pangeran Siddharta?
      B. Kegiatan Inti       :                                         *    Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan
                                                   dilaksanakan.
                                        *    Siswa melihat dan mengapersepsikan gambar dalam materi yang bertemakan
                                              Teladan Pangeran Siddharta.
                                        *    Guru mengulas kembali cerita masa kecil dan pendidikan Pangeran Siddharta.
                                        *    Tanya jawab.
                                        *    Siswa menyebutkan tempat pendidikan Pangeran Siddharta.
                                        *    Siswa menyebutkan nama guru yang mengajar Pangeran Siddharta.
                                        *    Siswa menyebutkan beberapa ilmu yang dipelajari Pangeran Siddharta.
                                        *    Siswa  menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat Pangeran Siddharta dalam
                                              belajar.
                                        *    siswa berdiskusi dan membuat jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai
                                               berangkat sekolah
            C. Kegiatan akhir     : * Guru menyampaikan kesimpulan tentang masa pendidikan dan sifat-sifat Pangeran siddharta
*    Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk rajin dan semangat belajar.
*    Gita Namaskara
V.  Alat dan Sumber Bahan
      a.  Alat                           : Gambar masa pendidikan Pangeran Siddharta
      b.  Sumber Belajar          : Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 6
                                                Buku Kronologi Hidup Buddha
                                                Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 6 (Puji Sulani, S.Ag)

VI. Penilaian                        
a.       Jenis                       :   Tes tertulis
b.      Instrumen               :    
1.      Dimana tempat pendidikan Pangeran Siddharta?
2.      Sebutkan ilmu yang dipelajari Pangeran Siddharta?
3.      Siapa nama guru Pangeran Siddharta pada waktu bersekolah?
4.      Sebutkan sifat-sifat Pangeran Siddharta?
Jawaban:

RPP kelas V SD materi AGAMA Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan            : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester                 :  V / I       
Alokasi Waktu                  : 3 x 35 Menit
Standar kompetensi          :  1.      Mengungkapkan berbagai cara  raja  Suddhodana  membesarkan Pangeran Siddharta.
Kompetensi Dasar            :  1.3     Menjelaskan sikap Pangeran Siddharta menghadapi  kemewahan dan kesenangan duniawi.
Indikator                           : 1.3.1 Menyebutkan sarana yang diberikan Raja pada Pangeran Siddharta
                                                        1.3.2 Mengidentifikasi kemewahan tiga istana bagi Pangeran Siddharta 
                                            1.3.3 Mengungkapkan sikap Pangeran  Siddharta menghadapi kemewahan di Istana.
                                            1.3.4 Mengungkapkan sikap ketika permintaan terpenuhi dan tidak terpenuhi oleh orang tua
I.    Tujuan Pembelajaran :  Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menyebutkan sarana yang diberikan Raja pada Pangeran Siddharta dengan benar
·         Mengidentifikasi kemewahan tiga istana bagi Pangeran Siddharta 
·         Mengungkapkan sikap Pangeran  Siddharta menghadapi kemewahan di Istana
·         Mengungkapkan sikap ketika permintaan terpenuhi dan tidak terpenuhi oleh orang tua dengan baik.     
                      
I.    Materi Pembelajaran   : Pangeran Siddharta merupakan putra mahkota Suku Sakya. Raja Suddhodana, ayah dari Pangeran Siddharta sangat menyayanginya. Raja Suddhodana berkeinginan untuk selalu membahagiakan Pangeran Siddharta, karena merupakan satu-santunya pewaris tahta. Raja Suddhodana tidak ingin putranya menjadi Buddha.
Raja Suddhodana menyadari bahwa Pangerasn Siddharta akan bertekad bulat menjadi Buddha setelah melihat empat peristiwa. Raja mengkondisikan kemewahan di dalam istana bagi Pangeran Siddharta. Pangeran Siddharta dibuatkan tiga kolam teratai dan tiga buah istana dengan pelayan yang masih muda, cantik dan gagah supaya tidak keluar istana.
Pangeran Siddharta menikmati kemewahan tetapi tidak melekatinya. Pangeran Siddharta tidak pernah sombong dengan semua kemewahan yang dimiliki. Pangeran selalu merenungkan bahwa banyak makhluk yang mengalami kesedihan dan penderitaan serta merasa jenuh akan kemewahan yang diberikan oleh ayahnya..
Pangeran Siddharta membalas kasih sayang orang tua dengan terima kasih dan bersikap baik.
III. Metode pembelajaran  :  Ceramah, tanya jawab, demontrasi dan unjuk kerja.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran                                          
A. Kegiatan Awal      :  *    Namaskara Gatha bersama.
                                    *    Apersepsi: Apakah para sisiwa selalu mendapat uang saku setiap hari?
B. Kegiatan Inti          :  *    Guru menyampaikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.           
*    Siswa melihat dan mengapersepsikan gambar tiga iastana untuk Pangeran Siddharta.
*    Siswa membaca cerita “Sikap Pangeran Siddharta terhadap kesenangan duniawi”.
*    Guru melalui tanya jawan menjelaskan isi cerita.
*    Siswa menyanyikan lagu ”Kasih Mama”
*    Guru menyampaikan inti lagu ”Kasih Mama”.
*    Siswa menceritakan ketika permintaan terpenuhi dan tidak terpenuhi oleh orang tua
*    Guru menanggapi cerita yang diungkapkan oleh siswa.
*    Guru menyampaikan Kesimpulan

C. Kegiatan Akhir     :        *       Gita Namaskara.  
V.  Alat dan Sumber Bahan
      a.  Alat                       : Gambar tiga istana Pangeran Siddharta,
Gambar Pangeran Siddharta ketika keliling kota dan melihat orang tua, orang sakit, orang mati dan pertapa
         b.  Sumber Belajar     :  Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 5 hal 3-5
                                             Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 5 (Puji Sulani, S.Ag) hal 5,6
VI. Penilaian                      :    
a.       Jenis                      :  Lisan
b.      Instrumen              : 1. Sebutkan tiga kolam yang diberikan Raja Suddhodana kepada Pangeran Siddharta?

RPP Kelas 3 SD Mata pelajaran Agama Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                        :  Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester                       :  III / I
Alokasi Waktu                        :  2 X 35 menit
Standar kompetensi                :           1.      Mengenal dan meneladani sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta
Kompetensi Dasar                  :  1.1     Menjelaskan  sifat-sifat  luhur  Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanan.           
Indikator                                 :  1.1.1    Mengidentifikasi sifat luhur Pangeran Siddharta
1.1.2    Menyebutkan  sifat-sifat  luhur Pangeran Siddharta  pada masa kanak-kanak.
1.1.3   Menulis contoh perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat luhur
1.1.4   Menunjukan sikap yang baik saat pembelajaran berlangsung
I.    Tujuan Pembelajaran         :  Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menyebutkan sifat-sifat luhur pangeran siddharta
·         Menulis contoh perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat luhur
·         Mengidentifikasi sifat luhur Pangeran Siddharta dengan benar
·         Menunjukan sikap yang baik saat pembelajaran berlangsung
II.  Materi Pembelajaran         :           Pangeran Siddharta adalah anak yang pandai. Pangeran Siddharta selalu giat belajar, tidak pernah malas. Jika ada hal-hal yang kurang dimengerti, pangeran Siddharta bertanya kepada gurunya. Pangeran Siddharta selalu jujur, baik hati dan taat kepada peraturan. Pangeran Siddharta suka menolong makluk lain. Suatu ketika pangeran Siddharta menolong burung belibis yang dipanah oleh Dewadatta. Pangeran Siddharta mencabut anak panah yang menancap di tubuh burung belibis, dan mengobati lukanya. Setelah diobati, burung belibis dilepaskan oleh Pangeran Siddharta agar bebas hidup di hutan.
III.                                           Metode pembelajaran :     Ceramah, tanya jawab dan unjuk kerja/demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran                                        
 A. Kegiatan Awal            :  *    Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
                                           *    Apersepsi: siapa yang sering menolong teman?
 B.  Kegiatan Inti               :  * Guru memberikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
*    Siswa melihat dan mengapersepsikan gambar “Pangeran Siddharta menolong burung belibis”.
*    Siswa membaca cerita tentang “ Pangeran Siddharta waktu kanak-kanak”
*    Guru melalui tanya jawab menjelaskan isi cerita yang telah dibaca siswa.
*    Siswa  menulis contoh perbuatan yang mencerminkan sifat luhur dalam kehidupan di sekolah dan di rumah.
* Siswa  membaca contoh perbuatan yang mencerminkan sifat luhur dalam kehidupan di sekolah dan di rumah.
*    Siswa mewarnai gambar Pangeran Siddharta menolong burung belibis.
*    Guru menilai hasil kerja anak
C. Kegiatan Akhir             :  *    Guru menyampaikan kesimpulan materi           
                                             *    Gita Namaskhra
V.  Alat dan Sumber Bahan
      a.  Alat                              : GambarPangeran Siddharta menolong burung belibis.
   b.  Sumber Belajar             :  Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 6 hal 4,5
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 6 (Puji Sulani, S.Ag) hal 4-6
VI. Penilaian                          :     
a.       Jenis                           :   1. Tes lisan (tanya jawab spontan).
                                                   2. Tugas Portofolio
b.      Instrumen                  :    1. Tes lisan
Sebutkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta!
Jawab:

RPP Kelas 2 SD Mata pelajaran Agama Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                        :  Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester                       :  II / I
Alokasi Waktu                        :  2 X 35 menit
Standar kompetensi                : 2.   Mengungkapkan  kisah-kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang.
Kompetensi Dasar                   : 2.1  Menceritakan kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan Persahabatan.
Indikator                                 :  2.1.1   Menyebutkan arti sahabat sejati
2.1.2   Menyebutkan ciri-ciri sahabat sejati
2.1.3   Menggambar tokoh cerita ”sahabat sejati”
2.1.4   Menunjukan sikap yang baik kepada teman
I.    Tujuan Pembelajaran         : Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menyebutkan arti sahabat sejati dengan benar
·         Menyebutkan ciri-ciri sahabat sejati dengan benar.
·         Menggambar tokoh cerita ”sahabat sejati”
·         Menunjukan sikap yang baik kepada teman
II.                                            Materi Pembelajaran   :                       Sahabat sejati merupakan sahabat yang selalu bersama dalam keadaan susah ataupun senang. Sahabat sejati memiliki ciri-ciri suka menolong, jujur, menjaga dalam bahaya, mengingatkan jika berbuat salah, tidak ribut ketika pelajaran.
Sahabat sejti dicontohkan oleh Si buta dan Si buntung yang saling membantu untuk keluar dari rumah yang terbakar.
III.                                           Metode pembelajaran  :  Ceramah, tanya jawab, demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran                                         
      A.  Kegiatan Awal            :  *    Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
                                                   *    Apersepsi: apalah kalian mempunyai teman akrab?
      B.  Kegiatan Inti               : *    Guru memberikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
*   Guru menjelaskan tentang sahabat sejati.
                                       *    Siswa menyebutkan arti dan ciri-ciri sahabat sejati
                                       *    Guru bercerita ”Sahabat Sejati”
                                       *    Siswa menggambar tokoh dalam cerita ”Sahabat Sejati”
      C. Kegiatan Akhir             : *    Guru menyampaikan kesimpulan
*    Gita Namaskara.
V.  Alat dan Sumber Bahan
a.  Alat                           : Gambar
   b.  Sumber Belajar          :  Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 2 hal 17
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 6 (Puji Sulani, S.Ag) hal 14,15
VI. Penilaian                         : 
a.       Jenis                         :  Portofolio
b.      Instrumen                 :  Gambarlah tokoh dalam cerita “Sahabat Sejati”
c.       Penilaian                  : 
Nama
Kerapian
kesesuaian
keindahan
















                                                                                                 
                   Tangerang, ____________2015                                
Guru Pamong                                                                Praktikan



_______________                                           _____________                                                                  NIP.                                                                            Nim:

                                           Mengetahui,
                           Kepala Sekolah SDN Sriwijaya




                                  ____________________
                                  NIP.


RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) kelas 1 mata pelajaran agama buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                        :  Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester                       :  I / I
Alokasi Waktu                        :  2 X 35 menit
Standar kompetensi                : 2.1 Mengungkapkan  kisah identitas agama Buddha
Kompetensi Dasar                   : 2.2  Mengenali Buddha Rupang, Panji Buddhis, Stupa, Cakra, dan Swastika sebagai lambang agama Buddha
Indikator                                 :  2.2.1   Menulis kata ”Stupa”
2.2.2   Menjelaskan fungsi ”Stupa”
2.2.3   Menggambar ”Stupa”                                         
2.2.4   Membuat peraga ”Stupa”
I.    Tujuan Pembelajaran         : Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menulis kata ”Stupa”
·         Menjelaskan fungsi ”Stupa”
·         Menggambar ”Stupa”                                              
·         Membuat peraga ”Stupa”
II.                                            Materi Pembelajaran   :           Stupa adalah bangunan berbentuk genta yang digunakan untuk menyimpan abu jenasah orang suci. Sekarang sebagai tanda tempat-tempat penting agama Buddha, seperti vihara dan candi.
III.                                           Metode pembelajaran  :  Ceramah, demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran                                         
      A.  Kegiatan Awal            :  *    Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
                                                   *    Apersepsi: siapa yang pernah melihat candi?
      B.  Kegiatan Inti               : *    Guru memberikan informasi materi pelajaran tentang Stupa
*   Guru menjelaskan makna dan fungsi Stupa
                                       *   Siswa menggambar Stupa
                                       *   Siswa membuat peraga Stupa
      C. Kegiatan Akhir             : *    Guru menyampaikan kesimpulan
*    Gita Namaskara.
V.  Alat dan Sumber Bahan
a.  Alat                           : Gambar Stupa, kertas, styrofoam, cutter, penggaris,
   b.  Sumber Belajar          :  Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 1
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 1 (Puji Sulani, S.Ag)
VI. Penilaian                         : 
a.       Jenis                         :  Portofolio
b.      Instrumen                 :  Buatlah Stupa dari kertas dan styrofoam
c.       Penilaian                  : 


Nama
Kerapian
kesesuaian
keindahan
















                                                                                                 
                   Tangerang, ____________2015                                
Guru Pamong                                                                Praktikan




_______________                                                      ____________________
NIP.                                                                             Nim:

                                           Mengetahui,
      Kepala Sekolah SDN Sriwijaya



                                           ____________________
                                           NIP.