Senin, 12 Januari 2015

RPP Kelas 2 SD Mata pelajaran Agama Buddha

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  :  Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                        :  Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester                       :  II / I
Alokasi Waktu                        :  2 X 35 menit
Standar kompetensi                : 2.   Mengungkapkan  kisah-kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan persahabatan dan kasih sayang.
Kompetensi Dasar                   : 2.1  Menceritakan kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan Persahabatan.
Indikator                                 :  2.1.1   Menyebutkan arti sahabat sejati
2.1.2   Menyebutkan ciri-ciri sahabat sejati
2.1.3   Menggambar tokoh cerita ”sahabat sejati”
2.1.4   Menunjukan sikap yang baik kepada teman
I.    Tujuan Pembelajaran         : Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Menyebutkan arti sahabat sejati dengan benar
·         Menyebutkan ciri-ciri sahabat sejati dengan benar.
·         Menggambar tokoh cerita ”sahabat sejati”
·         Menunjukan sikap yang baik kepada teman
II.                                            Materi Pembelajaran   :                       Sahabat sejati merupakan sahabat yang selalu bersama dalam keadaan susah ataupun senang. Sahabat sejati memiliki ciri-ciri suka menolong, jujur, menjaga dalam bahaya, mengingatkan jika berbuat salah, tidak ribut ketika pelajaran.
Sahabat sejti dicontohkan oleh Si buta dan Si buntung yang saling membantu untuk keluar dari rumah yang terbakar.
III.                                           Metode pembelajaran  :  Ceramah, tanya jawab, demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran                                         
      A.  Kegiatan Awal            :  *    Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
                                                   *    Apersepsi: apalah kalian mempunyai teman akrab?
      B.  Kegiatan Inti               : *    Guru memberikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
*   Guru menjelaskan tentang sahabat sejati.
                                       *    Siswa menyebutkan arti dan ciri-ciri sahabat sejati
                                       *    Guru bercerita ”Sahabat Sejati”
                                       *    Siswa menggambar tokoh dalam cerita ”Sahabat Sejati”
      C. Kegiatan Akhir             : *    Guru menyampaikan kesimpulan
*    Gita Namaskara.
V.  Alat dan Sumber Bahan
a.  Alat                           : Gambar
   b.  Sumber Belajar          :  Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 2 hal 17
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 6 (Puji Sulani, S.Ag) hal 14,15
VI. Penilaian                         : 
a.       Jenis                         :  Portofolio
b.      Instrumen                 :  Gambarlah tokoh dalam cerita “Sahabat Sejati”
c.       Penilaian                  : 
Nama
Kerapian
kesesuaian
keindahan
















                                                                                                 
                   Tangerang, ____________2015                                
Guru Pamong                                                                Praktikan



_______________                                           _____________                                                                  NIP.                                                                            Nim:

                                           Mengetahui,
                           Kepala Sekolah SDN Sriwijaya




                                  ____________________
                                  NIP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar