RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester :
II / I
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit
Standar kompetensi :
2. Mengungkapkan kisah-kisah Jataka dan lain-lain yang
bertemakan persahabatan dan kasih sayang.
Kompetensi Dasar : 2.1
Menceritakan kisah Jataka dan lain-lain yang bertemakan Persahabatan.
Indikator :
2.1.1
Menyebutkan arti sahabat sejati
2.1.2 Menyebutkan ciri-ciri sahabat sejati
2.1.3 Menggambar tokoh cerita ”sahabat sejati”
2.1.4 Menunjukan sikap yang baik kepada teman
I. Tujuan
Pembelajaran : Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·
Menyebutkan
arti sahabat sejati dengan benar
·
Menyebutkan ciri-ciri sahabat sejati dengan benar.
·
Menggambar
tokoh cerita ”sahabat sejati”
·
Menunjukan
sikap yang baik kepada teman
II. Materi
Pembelajaran : Sahabat sejati merupakan sahabat yang selalu
bersama dalam keadaan susah ataupun senang. Sahabat sejati memiliki ciri-ciri
suka menolong, jujur, menjaga dalam bahaya, mengingatkan jika berbuat salah,
tidak ribut ketika pelajaran.
Sahabat
sejti dicontohkan oleh Si buta dan Si buntung yang saling membantu untuk keluar
dari rumah yang terbakar.
III. Metode
pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : * Memanjatkan
doa Namaskara Gatha bersama.
* Apersepsi: apalah kalian
mempunyai teman akrab?
B. Kegiatan Inti :
* Guru
memberikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
* Guru
menjelaskan tentang sahabat sejati.
* Siswa menyebutkan arti dan ciri-ciri sahabat
sejati
* Guru bercerita ”Sahabat Sejati”
* Siswa menggambar tokoh dalam cerita ”Sahabat
Sejati”
C. Kegiatan Akhir : * Guru menyampaikan kesimpulan
* Gita
Namaskara.
V.
Alat dan Sumber Bahan
a.
Alat : Gambar
b. Sumber Belajar : Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas
2 hal 17
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 6 (Puji Sulani, S.Ag) hal
14,15
VI. Penilaian :
a.
Jenis : Portofolio
b.
Instrumen : Gambarlah tokoh dalam cerita “Sahabat Sejati”
c. Penilaian :
Nama
|
Kerapian
|
kesesuaian
|
keindahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tangerang, ____________2015
Guru Pamong Praktikan
_______________ _____________
NIP. Nim:
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Sriwijaya
____________________
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar