RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester :
III / I
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit
Standar
kompetensi : 1. Mengenal dan meneladani sifat-sifat luhur
Pangeran Siddharta
Kompetensi
Dasar : 1.1 Menjelaskan sifat-sifat
luhur Pangeran Siddharta pada
masa kanak-kanan.
Indikator : 1.1.1 Mengidentifikasi
sifat luhur Pangeran Siddharta
1.1.2 Menyebutkan
sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak.
1.1.3 Menulis contoh perbuatan yang mencerminkan
sifat-sifat luhur
1.1.4 Menunjukan sikap yang baik saat pembelajaran
berlangsung
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·
Menyebutkan
sifat-sifat luhur pangeran siddharta
·
Menulis
contoh perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat luhur
·
Mengidentifikasi
sifat luhur Pangeran Siddharta dengan benar
·
Menunjukan
sikap yang baik saat pembelajaran berlangsung
II. Materi
Pembelajaran : Pangeran Siddharta adalah anak yang
pandai. Pangeran Siddharta selalu giat belajar, tidak pernah malas. Jika ada
hal-hal yang kurang dimengerti, pangeran Siddharta bertanya kepada gurunya.
Pangeran Siddharta selalu jujur, baik hati dan taat kepada peraturan. Pangeran
Siddharta suka menolong makluk lain. Suatu ketika pangeran Siddharta menolong
burung belibis yang dipanah oleh Dewadatta. Pangeran Siddharta mencabut anak
panah yang menancap di tubuh burung belibis, dan mengobati lukanya. Setelah
diobati, burung belibis dilepaskan oleh Pangeran Siddharta agar bebas hidup di
hutan.
III. Metode
pembelajaran : Ceramah, tanya jawab dan unjuk
kerja/demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : * Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
A. Kegiatan Awal : * Memanjatkan doa Namaskara Gatha bersama.
* Apersepsi: siapa yang sering
menolong teman?
B. Kegiatan
Inti : * Guru
memberikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
* Siswa melihat dan mengapersepsikan gambar “Pangeran
Siddharta menolong burung belibis”.
* Siswa membaca cerita tentang “ Pangeran
Siddharta waktu kanak-kanak”
* Guru melalui tanya jawab menjelaskan isi
cerita yang telah dibaca siswa.
* Siswa
menulis contoh perbuatan yang mencerminkan sifat luhur dalam kehidupan
di sekolah dan di rumah.
* Siswa membaca
contoh perbuatan yang mencerminkan sifat luhur dalam kehidupan di sekolah dan
di rumah.
* Siswa
mewarnai gambar Pangeran Siddharta menolong burung belibis.
* Guru
menilai hasil kerja anak
C. Kegiatan Akhir : * Guru menyampaikan kesimpulan materi
* Gita
Namaskhra
V. Alat
dan Sumber Bahan
a. Alat : GambarPangeran Siddharta
menolong burung belibis.
b. Sumber Belajar :
Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 6 hal 4,5
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 6 (Puji Sulani, S.Ag) hal 4-6
VI.
Penilaian :
a.
Jenis : 1.
Tes lisan (tanya jawab spontan).
2. Tugas Portofolio
b. Instrumen : 1. Tes lisan
Sebutkan sifat-sifat
luhur Pangeran Siddharta!
Pandai, giat
belajar, jujur, baik hati, suka menolong
2. Tugas portofolio: warnailah gambar
Pangeran Sidharta menolong burung belibis!
c. Penilaian :
1. Tes lisan: BX100
2. Tugas Portofolio
Nama
|
Kerapian
|
Kesesuaian
|
Keindahan
|
Tangerang, __ Januari 2015
Guru Pamong
Praktikan
______________ ______________ NIP.
__________ Nim: ___________
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Sriwijaya
Triyo wibowo, S.Ag.B
NIP. _______________
Lembar penilaian
Sekolah :
Kelas :
Mata
Pelajaran :
Hari/Tanggal
:
Jam :
- Tes Lisan
Nama
|
Skor
|
- Tugas Portofolio
Nama
|
Kerapian
|
Kesesuaian
|
Keindahan
|
Download yang lain disini
RPP kelas 1 SD
RPP Kelas 2 SD
RPP Kelas 3 SD
RPP Kelas 4 SD
RPP Kelas 5 SD
RPP Kelas 6 SD
RPP kelas 1 SD
RPP Kelas 2 SD
RPP Kelas 3 SD
RPP Kelas 4 SD
RPP Kelas 5 SD
RPP Kelas 6 SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar