RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
(SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Buddha
Kelas/ Semester : V / I
Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit
Standar kompetensi : 1. Mengungkapkan
berbagai cara raja Suddhodana
membesarkan Pangeran Siddharta.
Kompetensi
Dasar : 1.3 Menjelaskan
sikap Pangeran Siddharta menghadapi
kemewahan dan kesenangan duniawi.
Indikator : 1.3.1 Menyebutkan
sarana yang diberikan Raja pada Pangeran Siddharta
1.3.2 Mengidentifikasi kemewahan tiga istana
bagi Pangeran Siddharta
1.3.3 Mengungkapkan
sikap Pangeran Siddharta menghadapi
kemewahan di Istana.
1.3.4 Mengungkapkan sikap ketika permintaan
terpenuhi dan tidak terpenuhi oleh orang tua
I. Tujuan
Pembelajaran : Setelah mengikuti
pembelajaran siswa dapat:
·
Menyebutkan
sarana yang diberikan Raja pada Pangeran Siddharta dengan benar
·
Mengidentifikasi
kemewahan tiga istana bagi Pangeran Siddharta
·
Mengungkapkan
sikap Pangeran Siddharta menghadapi
kemewahan di Istana
·
Mengungkapkan
sikap ketika permintaan terpenuhi dan tidak terpenuhi oleh orang tua dengan
baik.
I. Materi Pembelajaran : Pangeran Siddharta
merupakan putra mahkota Suku Sakya. Raja Suddhodana, ayah dari Pangeran
Siddharta sangat menyayanginya. Raja Suddhodana berkeinginan untuk selalu
membahagiakan Pangeran Siddharta, karena merupakan satu-santunya pewaris tahta.
Raja Suddhodana tidak ingin putranya menjadi Buddha.
Raja
Suddhodana menyadari bahwa Pangerasn Siddharta akan bertekad bulat menjadi
Buddha setelah melihat empat peristiwa. Raja mengkondisikan kemewahan di dalam
istana bagi Pangeran Siddharta. Pangeran Siddharta dibuatkan tiga kolam teratai
dan tiga buah istana dengan pelayan yang masih muda, cantik dan gagah supaya
tidak keluar istana.
Pangeran
Siddharta menikmati kemewahan tetapi tidak melekatinya. Pangeran Siddharta
tidak pernah sombong dengan semua kemewahan yang dimiliki. Pangeran selalu
merenungkan bahwa banyak makhluk yang mengalami kesedihan dan penderitaan serta
merasa jenuh akan kemewahan yang diberikan oleh ayahnya..
Pangeran
Siddharta membalas kasih sayang orang tua dengan terima kasih dan bersikap
baik.
III. Metode
pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, demontrasi dan unjuk
kerja.
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
* Namaskara Gatha bersama.
* Apersepsi:
Apakah para sisiwa selalu mendapat uang saku setiap hari?
B. Kegiatan Inti : * Guru
menyampaikan informasi tentang materi pelajaran yang akan dipelajari.
* Siswa melihat dan mengapersepsikan gambar tiga
iastana untuk Pangeran Siddharta.
* Siswa membaca cerita “Sikap Pangeran
Siddharta terhadap kesenangan duniawi”.
* Guru melalui tanya jawan menjelaskan isi
cerita.
* Siswa menyanyikan lagu ”Kasih Mama”
* Guru menyampaikan inti lagu ”Kasih Mama”.
* Siswa menceritakan ketika permintaan
terpenuhi dan tidak terpenuhi oleh orang tua
* Guru menanggapi cerita yang diungkapkan
oleh siswa.
* Guru menyampaikan Kesimpulan
C. Kegiatan
Akhir : * Gita Namaskara.
V. Alat dan Sumber Bahan
a. Alat : Gambar tiga istana
Pangeran Siddharta,
Gambar Pangeran Siddharta ketika
keliling kota dan melihat orang tua, orang sakit, orang mati dan pertapa
b. Sumber Belajar : Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 5
hal 3-5
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 5 (Puji Sulani, S.Ag) hal 5,6
VI. Penilaian :
a.
Jenis
: Lisan
2
Sebutkan
tiga istana yang diberikan Raja Suddhodana kepada Pangeran Siddharta?
3
Bagaimana Sikap Pangeran Siddharta dengan semua
keindahan yang diberikan Raja Suddhodana?
4
Bagaimana sikap jika orang tua tidak dapat memenuhi
permintaan?
5
Bagaimana cara membalas kasih sayang orang tua?
Jawaban:
1 Uppala (teratai biru) , Paduma (teratai
merah), Pundarika (teratai putih)
2 Istana Ramma, Suramma dan Subha
3 Pangeran Siddharta menikmati kemewahan
tetapi tidak melekatinya. Pangeran Siddharta tidak pernah sombong dengan semua
kemewahan yang dimiliki.
4 Bersikap sabar, tidak marah dan menyadari
keadaan keluarga
5 Membalas
kasih sayang orang tua dengan terima kasih dan bersikap baik.
c.
Penilaian : B x 100
Tangerang, __ Januari 2015
Guru Pamong Praktikan
______________ ______________ NIP. __________ Nim: ___________
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Sriwijaya
Triyo wibowo, S.Ag.B
NIP. _______________
Download yang lain disini
RPP kelas 1 SD
RPP Kelas 2 SD
RPP Kelas 3 SD
RPP Kelas 4 SD
RPP Kelas 5 SD
RPP Kelas 6 SD
RPP kelas 1 SD
RPP Kelas 2 SD
RPP Kelas 3 SD
RPP Kelas 4 SD
RPP Kelas 5 SD
RPP Kelas 6 SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar