RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Buddha
Kelas/ Semester :
I / I
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit
Standar kompetensi : 2.1
Mengungkapkan kisah identitas agama
Buddha
Kompetensi Dasar : 2.2
Mengenali Buddha Rupang, Panji Buddhis, Stupa, Cakra, dan Swastika
sebagai lambang agama Buddha
Indikator :
2.2.1
Menulis kata ”Stupa”
2.2.2 Menjelaskan fungsi ”Stupa”
2.2.3 Menggambar ”Stupa”
2.2.4 Membuat peraga ”Stupa”
I. Tujuan
Pembelajaran : Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·
Menulis
kata ”Stupa”
·
Menjelaskan
fungsi ”Stupa”
·
Menggambar
”Stupa”
·
Membuat
peraga ”Stupa”
II. Materi
Pembelajaran : Stupa adalah bangunan berbentuk genta yang digunakan untuk
menyimpan abu jenasah orang suci. Sekarang sebagai tanda tempat-tempat penting agama Buddha, seperti vihara
dan candi.
III. Metode
pembelajaran : Ceramah, demontrasi.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal : * Memanjatkan
doa Namaskara Gatha bersama.
* Apersepsi:
siapa yang pernah melihat candi?
B. Kegiatan Inti :
* Guru
memberikan informasi materi pelajaran tentang Stupa
* Guru
menjelaskan makna dan fungsi Stupa
* Siswa menggambar Stupa
*
Siswa membuat peraga Stupa
C. Kegiatan Akhir : * Guru menyampaikan kesimpulan
* Gita
Namaskara.
V.
Alat dan Sumber Bahan
a.
Alat : Gambar
Stupa, kertas, styrofoam, cutter, penggaris,
b. Sumber Belajar : Buku Pelajaran Agama Buddha Ehipassiko kelas 1
Buku Pelajaran Agama Buddha kelas 1 (Puji Sulani, S.Ag)
VI. Penilaian :
a.
Jenis : Portofolio
b. Instrumen : Buatlah Stupa dari kertas dan styrofoam
c. Penilaian :
Nama
|
Kerapian
|
kesesuaian
|
keindahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tangerang, ____________2015
Guru Pamong
Praktikan
_______________ ____________________
NIP. Nim:
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Sriwijaya
____________________
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar