Sabtu, 27 Desember 2014

RPP AGAMA BUDDHA KELAS XI KTSP 2006

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan SMA/SMK .......................................................
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha
Kelas/Semester XI/I

A. Standar Kompetensi 1. Memahami manfaat puja dan kekuatan doa
B. Kompetensi Dasar :  1.1 Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa
C. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan 1:
Pesera didik mampu:
1. Menjelaskan makna puja dengan kecerdasan, rasa keingintahuan dan kereligiusan.
2. Menjelaskan manfaat puja dengan kecerdasan, rasa keingintahuan dan kereligiusan.
3. Menjelaskan manfaat amisa puja dan patipatti puja dengan kecerdasan, rasa keingintahuan dan kereligiusan.
4. Menjelaskan perbedaan antara dia menurut agama Buddha dan doa menurut pandangan umum dengan kecerdasan, menghargai keberagaman dan kesadaran akan hak dan kewajiban.
D. Materi Pembelajaran:
Puja dan doa
E. Model/Metode Pembelajaran: Diskusi aktif dengan kereligiusan, menghargai keberagaman dan kedemokratisan.
F. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan 1:
1. Kegiatan Pendahuluan:
a. Doa pembuka pendidikan dengan kereligiusan
b. Guru bertanya tentang puja dan doa yang dilakukan dalam kehidupan dengan kecerdasan.
c. Menginformasikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam proses pembelajaran yaitu puja dan doa dengan memotivasi rasa keingintahuan dan kecerdasan.

1. Kegiatan Inti:
a. Mengkaji materi tentang puja dan doa dalam kehidupan dengan kecerdasan dan rasa keingintahuan.
b. Mendiskusikan tentang puja dan doa dalam kehidupan secara berkelompok dengan cerdas dan rasa keingintahuan.
c. Mempresentasikan bergantian tentang puja dan doa dalam kehidupan dengan kecerdasan dan percaya diri.
d. Tanya jawab hasil presentasi diskusi kelompok tentang puja dan doa dengan kecerdasan dan menghargai kedemokratisan.
e. Menyimpulkan hasil presentasi dan tanya jawab kelompok dipandu oleh guru dengan kecerdasan dan kejujuran.
f. Guru memberikan penguatan dan penegasan hasil kesimpulan dengan kejujuran dan bertanggung jawab.

2. Kegiatan Penutup:
a. Mengevaluasi proses pembelajaran dengan kejujuran.
b. Memamerkan hasil kerja kelompok dengan bertanggung jawab.
c. Memberikan tes dengan bertanggung jawab untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
d. Memberikan tugas-tugas dengan bertanggung jawab dan menghargai perbedaan.
e. Doa Penutup pendidikan dengan kereligiusan.

1. Pendidikan Agama Buddha dan HAM, MPH
2. Buku paket pendidikan agama Buddha Kelas XI
3. Paritta suci
4. Riwayat Buddha Gotama
5. Pokok-pokok dasar agama Buddha
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
· Menjelaskan sejarah puja pada zaman Sang Buddha dengan rasa keingintahuan dan kereligiusan
· Menjelaskan sejarah puja setelah Sang Buddha Parinibbana dengan kereligiusan. 
· Menjelaskan sejarah puja di Indonesia dengan keingintahuan 
· Menceritakan sejarah amisa puja dan patipatti puja dengan percaya diri.
· Menugaskan siswa membuat kliping tentang sejarah perkembangan puja dalam agama Buddha dengan penuh tanggung jawab dan kerja keras



· Tes Lisan


· Uraian

1.  Ceritakan sejarah puja pada zaman Sang Buddha!
2.  Jelaskan sejarah puja setelah Sang Buddha Parinibbana!
3. Jelaskan sejarah puja di Indonesia!
4. Ceritakan sejarah amisa puja dan patipatti puja!
5. Buatlah makalah tentang sejarah perkembangan puja dalam agama Buddha di Indonesia!

Rubrik penilaian
Nomor Butir
Jawaban
Jumlah Skor
1
Benar
5
2
Benar
5
3
Benar
5
4
Benar
5
5
Benar
5
Nilai = Skor Perolehan x 100 =   n    x 100 = .....
   Jumlah Skor     25
Jakarta, ..........................
Mengetahui Guru Pendidikan 
Kepala SMA/SMK......................... Agama Buddha



( ) ( )

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Satuan Pendidikan            :  SMA /Smk
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Buddha
Kalas/ Semester                : XI / II 
Alokasi Waktu                  : 2 x 45 menit ( 2x pertemuan)
Standar Kompentensi        : 3.. Mengungkapkan  dan Memahami Hukum Dharma
Kompentensi Dasar           : 3.1 Mendeskripsikan Hukum Kebenaran sebagai hukum alam
Alokasi Waktu                   : 4 X 45 Menit ( 2 Kali Pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :

1. Menjelaskan pengertian Hukum Kebenaran
2. Membedakan kebenaran biasa dengan kebenaran mutlak
3. Membedakan antara hukum Kebenran dan hukum yang dibuat manusia
4. Menjelaskan kaitan antara Buddha dan Hukum Kebenaran
5. Menerima hukum kebenaran sebagai hukum alam


B. Materi Pembelajaran

Hukum Kebenaran sebagai hukum alam
    

Diskusi, pemecahan masalah, dan tes unjuk kerja

D. Materi Ajar

Pertemuan Pertama:

Kegiatan Pendahuluan

a. Doa pembukaan Pendidikan Agama Buddha
b. Meditasi (-+ 3 menit) 
c. Memberikan informasi tentang  Tujuan Pembelajaran
d. Guru mengajukan pertanyaan tentang puja dan doa
e. Peserta didik termotivasi untuk mendeskripsikan, mencari literature, dan berdiskusi berkaitan subtansi 
kajian   

   Kegiatan  Inti
      
a. Peserta didik  membentuk kelompok untuk mendiskusikan untuk mendiskusikan tentang pengertian, sarana puja dan manfaat puja
b. Diskusikan kelompok tentang materi yang dibahas, baik materi yang berasal dari buku paket, melalalui gambar maupun sumber lain yang relevan
c. Melafalkan doa-doa (paritta) dalam berbagai peristiwa
d. Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian, tujuan dan manfaat puja dan doa dalam agama Buddha
e. Melakukan tanya-jawab dengan pertanyaan menantang tentang makna , tujuan,dan manfaat puja serta doa ditinjau dari agama Buddha
f. Menjawab pertanyaan guru tentang makna puja dari agama Buddha dengan ungkapkan bahasa masing-masing bahasa masing-masing sesuai dengan pengalaman

Kegiatan Penutup

a. Menyimpulkan hasil diskusi
b. Evaluasi proses pembelajaran
c. Memamerkan hasil kerja kelompok
d. Memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
e. Memberikan tugas-tugas
f. Doa penutup Pendidikan Agama Buddha

      Pertemuan Kedua
     
 Kegiatan Pendahuluan

a. Doa pembukaan pendidikan agama Buddha
b. Meditasi (-+ 3 menit)
c. Memberikan informasi tentang Tujuan Pembelajaran
d. Guru menanyakan kepada peserta didik, apakah terdapat perbedaan antara konsep doa dalam agama Buddha dan dalam pandangan umum?
Apakah peserta didik juga rajin ke vihara dan melakukan doa?

  Kegiatan inti

a. Melakukan kajian pustaka dan sharing antar kelompok tentang doa menurut umum dan pandangan agama Buddha serta melakukan kebajikan adalah praktik puja yang tinggi
b. Secara berkelompok siswa melakukan studi pustaka mengenai nilai paritta, melafalkan paritta untuk menyembuhan orang sakit, upacara pemakaman, dan pelimpahan jasa serta mempratikkan puja bakti bersama-sama di dalam kelas
a. Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar
b. Setiap kelompok mempresentasikan hasil pustaka dan kelompok kainnya mendemonstrasikan lafalan paritta untuk penyembuhan orang sakit, upacara pemakaman, dan pelimpahan jasa serta mempratikan puja bakti bersama-sama di dalam kelas
c. Tanya jawab antar kelompok tentang hasil studi pustaka


   Kegiatan Penutup

a. Menyimpulkan hasil diskusi
b. Evaluasi proses pembelajaran
c. Memamerkan hasil kerja kelompok
d. Memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari
e. Memberikan tugas-tugas
f. Doa penutup Pendidikan Agama Buddha  

E. Sumber dan Media Pembelajaran

a. Buku Paket
b. Buku Paritta ( Mangala Sutta)
c. Buku Wawana Buddha Dhamma


1. Pendidikan Agama Buddha dan Ham, MPH
2. Buku Paket Agama Buddha Kelas XI
3. Paritta Suci
4. Riwayat Buddha Gotama
5. Pokok-Pokok Dasar Agama Buddha

A. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1. Menjelaskan pengertian Hukum Kebenaran
2. Membedakan kebenaran biasa dengan kebenaran mutlak
3. Membedakan antara hukum Kebenran dan hukum yang dibuat manusia
4. Menjelaskan kaitan antara Buddha dan Hukum Kebenaran
5. Menerima hukum kebenaran sebagai hukum alam



· Tes Lisan


· Uraian

1. Jelaskan pengertian Hukum Kebenaran
2. Apa perbedaan kebenaran biasa dengan kebenaran mutlak
3. Apa yang membedakan antara hukum Kebenran dan hukum yang dibuat manusia
4. Jelaskan kaitan antara Buddha dan Hukum Kebenaran
5. Berikan contoh perilaku yang sesuai dengan  hukum kebenaran sebagai hukum alam
Rubrik penilaian
Nomor Butir
Jawaban
Jumlah Skor
1
Benar
5
2
Benar
5
3
Benar
5
4
Benar
5
5
Benar
5
Nilai = Skor Perolehan x 100 =   n    x 100 = .....
   Jumlah Skor     25
Jakarta, ..........................
Mengetahui Guru Pendidikan 
Kepala SMA/SMK......................... Agama Buddha



( ) ( )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar